Perbedaan E-Commerce dan Marketplace

Secara singkat, Marketplace dapat diibaratkan sebagai pasar, tempat dimana banyak pedagang dan pembeli lalu lalang didalamnya. Sedangkan E-commerce bisa disebut dengan toko kelontong yang menjual barang milik sendiri.

market place

E-commerce

E-commerce merupakan model bisnis digital yang memungkinkan perusahaan atau individu bisa membeli tetapi tidak dapat menjual secara online. Contohnya, di Indonesia sendiri terdapat beberapa contoh perusahaan yang menekuni di bidang e-commerce yaitu Traveloka, Sociolla dan masih banyak lagi.

Marketplace

Marketplace merupakan perantara yang menghubungkan konsumen dan produsen secara langsung. Marketplace hanyalah wadah untuk mempertemukan agar konsumen dan produsen dapat bertransaksi secara online. Siapa saja pelaku bisnis marketplace? Halalpedia, Shopee, Tokopedia dan masih banyak lagi.

Cara kerja dari marketplace adalah dengan cara melakukan kerjasama antara penjual dengan penyedia jasa marketplace, lengkap dengan fitur berjualan, chat dengan konsumen, kurir hingga tempat pembayaran. 

Para penjual diberi keharusan untuk mengisi “toko” atau melengkapi kebutuhan yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan para konsumen. Hal-hal yang harus dilengkapi biasanya seperti gambar/foto produk yang jelas (tanpa menggunakan nomor telep

 

on, alamat ig ataupun website), dan marketplace biasanya menyediakan fitur-fitur diskon dan promosi untuk meningkatkan penjualan dan untuk menarik para konsumen.

 

Perbedaan E-commerce dan Marketplace

Sebenarnya, E-commerce dan marketplace adalah model bisnis yang sama-sama dijalankan dengan basis online. Perbedaan yang tampak biasanya sebagai berikut:

  • E-commerce menyediakan produk mereka sendiri. Marketplace menampilkan produk milik pihak lain.
  • E-commerce mempunyai gudang penyimpanan barang tersendiri sedangkan Marketplace belum tentu memiliki gudang.
  • E-commerce cenderung menyetok barang untuk dijual di platform yang mereka miliki. Marketplace tidak menyetok barang.

Halalpedia

PT. Halal Pedia Indonesia adalah perusahaan teknologi Indonesia dengan visi pemerataan usaha kecil mikro menengah produk buatan lokal yang halal di Indonesia secara digital. Halalpedia membantu para jutaan UMKM dengan produk lokal Indonesia melalui bisnis marketplace yang berbasis Halal. Serta Halalpedia menjadi sarana untuk masyarakat lebih mudah dan memberikan kenyamanan mendapatkan produk halal.

Halalpedia memiliki misi untuk memenuhi keperluan umat muslim di Indonesia akan produk Halal dan memberikan ketenangan hati untuk setiap muslim yang ingin mengkonsumsi dan mendapatkan produk Halal tanpa takut dengan kandungan di dalam produk tersebut. Halalpedia juga memberikan kenyaman dalam pengalaman berbelanja dengan syariat Islam.

Memberi manfaat adalah salah satu tujuan kami, menyebarkan manfaat untuk seluruh umat muslim di Indonesia dengan banyaknya nilai positif dari halaman kami. Kehadiran Halalpedia diharapkan memberikan manfaat baik untuk para pengguna baik dalam membeli atau berjualan. Halalpedia percaya, manfaat baik akan memberikan berkah kebaikan untuk semua. Itulah mengapa, manfaat dalam Halalpedia sangat kami utamakan untuk semua orang.

Yuk kunjungi kami di halalpedia.com!

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.